Header Ads

CARA MENGAJARKAN AL HIDAYAH


 Secara umum cara mengajar al Hidayah jilid 1 sampai Jilid 4 adalah dengan melalui empat siklus yaitu:

1. Explain (bayan)
Jelaskan secara singkat materi baru yang akan diajarkan dengan apersepsi (mengkaitkan antara materi yang lama dengan. Anda bisa menggunakan alat peraga tulisan di papan tulis/ kartu sebagai alat  pembanding. Dan gunakan warna yang ada sebagai suatu hal yang harus ditekankan. Perlu diingat dalam menjelaskan jangan terlalu rumit karena akan membuat anak malah bingung. Contoh dalam menjelaskan materi ba dan na. Cukup dengan mengatakan ini bacanya ba dan ini na. Perhatikan  titiknya. 

Beberapa prinsip yang berkaitan dengan menjelaskan materi :
  1. Simpel (jangan berbelit belit)
  2. Fokus (dalam menjelaskan materi berfokus pada materi yang diajarkan).
  3. Mudah (memakai bahasa yang mudah dimengerti)
  4. Komunikatif (menggunakan Bahasa yang sesuai dengan santri dan mudah dipahami)
  5. Menarik
  6. Sesuai dengan kompetensi dasar
  7. Sesuai dengan latar belakang dan tingkat kemampuan siswa
2.    Example (bil mitsal)
Berilah contoh beberapa baris dan pastikan anak benar-benar memahami apa yang anda jelaskan dan bisa mengucapkan bacaan yang benar sesuai dengan kaidah yang benar.

3.   Explore (Bil istiksyaf)
Beri kesempatan anak untuk membaca sendiri tanpa dituntun guru. Guru memperhatikan dan mengontrol bacaan anak. Jika menjumpai kesalahan, maka guru jangan langsung membacakan ()menuntun) tapi memotivasi siswa agar membetulkan sendiri bacaannya misalnya dengan menunjuk, stop, atau dengan memberikan isyarat; awas ada yang panjang. Dll (kreatifitas guru sangat diperlukan).

4.   Exam (Bil Imtihan)
Ujilah dia. Apakan materi benar-benar dikuasai atau belum. Jika sudah maka bisa langsung dinaikkan ke materi berikutnya. Menguji anak bisa dengan menggunakan materi sendiri. Dengan mengambil petikan ayat-ayat al Quran yang sesuai dengan materi. Jika anak sudah selesai mempelajari jilid tertentu, maka supaya diujikan kepada koordinator

No comments

Theme images by konradlew. Powered by Blogger.