Header Ads

Al Hidayah sampai ke tanah Papua

Al Hidayah sampai ke tanah Papua
Metode Al Hidayah sampai ke tanah Papua tak lepas dari peran Ust. Khoiron yang pernah belajar langsung pada penulis saat masih mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al Hakim Surabaya pada tahun 2002.

Dengan berbekal kemampuan membaca al Quran yang baik dan bekal ilmu keguruan dan pendidikan saat kuliah di STAIL, ustadz Khoiron saat ditugaskan di Timika langsung membawakan oleh-oleh Metode al Hidayah untuk diterapkan di SD yang beliau pimpin.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh Metode Al Hidayah dan didukung oleh SDM yang mumpuni SD Integral Al Amin memasang target lulus dari SD Intergral Al Amin harus mampu membaca Al Quran dengan tajwid, menguasai ilmu tajwid dasar, paham gharib musykilat dan hafal 2 juz Al Quran.

Al hamdulillah walaupun tujuan dari belajar Al Quran bukan untuk lomba, namun tiap kali mengikuti MTQ di Timika selalu mengirimkan perwakilannya. Dari berbagai macam lomba MTQ, SD Integral Al Amin selalu mendapatkan prestasi, dari mulai Fahmil Quran, Tilawatul Quran maupun Tahfidzul Quran selalu mendapatkan prestasi yang membahagiakan.

Prestasi tersebut tentunya bukan karena metode al Hidayah semata. Tapi kualitas SDM dalam mengajar, metodologi yang benar, kesungguhan guru, keikhlasan dan pengelolaan manajerial dari pimpinan sangat mendukung perkembangan pembelajaran.

Al Faqir (penyusun) tidak bosan menyampaikan dalam berbagai pelatihan al Hidayah tingkat lokal, propinsi maupun nasional. Syarat guru sukses adalah TOTT (Titen, Open, Telaten dan Temenan)

Titen
Teliti pada bacaan, hafal nama murid serta karakternya, mampu
melakukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan gaya
belajarnya.

OpenPeduli pada muridnya, sedih saat muridnya menemui kesulitan belajar, mampu memberikan solusi pemelajaran Al Quran.

Telaten
Sabar dan pantang menyerah, terus berupaya untuk kebaikan murid-muridnya dengan selalu meng-up grade kemampuan diri, terus mendekatkan diri kea Ilahi dan memohonkan kemudahan untuk murid-muridnya agar menjadi ahlul Qur'an

Temenan
Sungguh-sungguh mencari ridlo Ilahi, disiplin dalam mengajar, profesional dalam bekerja di lembaga pendidikan manapun, menjaga nama baik Ahlul Qur'an dan senantiasa berguru pada Ahlul Quran terbaik Internasional, se-Indonesia, Se Propinsi, se- kabupaten atau kalau sulit se kecamatan. Menjadika Al Quran sebagai bacaan wajib sehari-hari untuk mencari ridlo Ilahi.

Semoga bermanfaat.

No comments

Theme images by konradlew. Powered by Blogger.